SMA Negeri 1 Macang Pacar Gelar Ujian Sekolah Berbasis Online

 

foto: siswa-siswi sedang ujian

Sekolah Menengah Atas SMA Negeri 1 Macang Pacar yang terletak di Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, NTT menggelar ujian sekolah berbasis online bagi para siswa-siswi kelas XII.

Ujian sekolah berbasis online ini dilaksanakan sejak tanggal 16 April hingga 23 April 2024 mendatang dan diikuti sebanyak 83  siswa dengan rincian laki-laki 44 orang dan perempuan 39 orang.

Para siswa-siswi SMA Negeri 1 Macang Pacar mengikuti ujian berbasis online di ruang lab komputer dengan menggunakan media komputer sebagai sarana.

Perihal ujian berbasis online ini, Ketua Panitia pelaksana ujian sekolah SMA Negeri 1 Macang Pacar, Fransiskus Hardi, S.Pd,Gr. kepada media ini, menjelaskan bahwa, hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru dilakukan pihak sekolah.

''Hal ini sebagai bagian dari upaya menyesuaikan proses pembelajaran di sekolah dengan perkembangan teknologi zaman  sekarang dan dengan memanfaatkan platform ini, sekolah dapat menghemat waktu dan tenaga''. ungkapnya

Pihak sekolah, ujar Fransiskus, telah membentuk tim dan melakukan sosialisasi kepada para siswa perihal langkah-langkah menggunakan komputer dalam melaksanakan ujian berbasis online. Karena ujian berbasis online ini, baru  pertama kali diselenggarakan di SMA Negeri 1 Macang Pacar.

Guru muda tersebut juga mengungkapkan bahwa, pihaknya tidak mengalami kendala jaringan dalam pelaksanaan ujian berbasis online pada hari pertama.

Meskipun demikian, pihak sekolah tetap memantau sehingga proses ujian berjalan aman dan lancar hingga ujian berakhir.

“Kita sangat beryukur ujian dihari pertama ini, kita tidak mengalami kendala terkait jaringan. Namun demikian, pihak sekolah masih tetap memantau perkembangan sampai ujian ini berakhir'' tuturnya

Ia juga menyampaikan bahwa, ujian berbasis online ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangakan kemampuan siswa-siswi agar bisa menggunakan teknologi sesuai fungsi dan manfaatnya.

“Era sekarang era teknologi sehingga pihak sekolah berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Karena itu,  ujian berbasis online sebagai langkah awal sekolah dalam menyesuaikan dengan perkembangan teknologi''. kata fransiskus




Salah satu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Macang Pacar bernama  Felisia L. Tesang menyampaikan, ujian berbasis online pada hari pertama ini tidak ada kendala dan ia mengakui sangat antusias untuk mengikuti ujian.

Baginya, ujian berbasis online merupakan pengalaman yang pertama kali, dan merupakan program pertama yang digunakan oleh sekolah selama dirinya bersekolah di SMA Negeri 1 Macang Pacar.  Namun demikian, Ia mengaku tidak mempersoalkan hal ini karena telah mengikuti sosialisasi dan pelatihan oleh sekolah.

Sementara itu, Siprianus Mantur, S.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Macang Pacar megungkapkan pihaknya telah  menyiapkan 40 komputer dan server dengan jaringan Ubiqu

Dirinya juga mengharapkan agar ujian berbasis online ini bisa berjalan dengan baik dan sukses agar kedepannya tetap diterapkan.

Komentar