Sano Ndoeng; Panorama Indah di Bawah Kaki Bukit Empo Sanga

Foto: Menikmati udara pagi di  Danau Sano Ndoeng    
Kabupeten Manggarai Barat tidak hanya terkenal dengan megahnya Waterfront, Pulau Komodo dan wisata budaya lainnya, tetapi juga alam indah nan elok. Salah satu yang tentu masih luput dari pantauan kita penikmat alam adalah Danau Sano Ndoeng  yang berada di Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat NTT.

Danau ini tepat berada di bawah Kaki Bukit Empo Sanga. Bukit yang terkenal dengan kemegahannya dimana tempat tersebut memiliki kisah yang begitu kuat dibalik nama “Empo Sanga”. Dalam Bahasa Manggarai Kata “Empo” yang berarti “Nenek Moyang atau Leluhur” dan kata “Sanga” berarti bukit yang berbentuk tanduk kerbau.  

Masih berkisah tentang  danau yang berada di Utara Manggarai Barat tersebut, tentu tempat ini menjadi kebanggan warga Desa Wontong dan beberapa desa lainnya yang ada di Macang Pacar.

Berdiri tepat di area Danau Sano Ndoeng, kita seolah diajak untuk menikmati lukisan alam yang begitu megah dan dengan pesona yang eksotis. Terutama hamparan kayu yang tinggi menjulang mengapiti Danau Sano Ndoeng dan beberapa jenis rumput hijau yang tumbuh di dalamnya.

Pesona Sano Ndoeng dengan balutan kabut cantik dengan latar belakang bukit Empo Sanga terus memanajakan mata pengunjung. Burung Itik berbulu puti yang sedang berenang semakin mempercantik wajah  danau dan beberapa mata kail milik warga yang dipasang dipinggir menegaskan tempat ini  memiliki cita rasa yang tak ada duanya.

Untuk menuju tempat ini, kita dipermudah dengan jalan aspal hotmix yang telah dibangun oleh pemerintah. Berdekatan pula, berdiri megah bangunan SMA Negeri 3 Macang Pacar dan deretan rumah warga sekitar.

foto: Cantiknya penghuni danau

Menurut warga setempat, dulu danau ini menjadi primadona untuk anak-anak SD, dan juga SMP bahkan juga para warga untuk merasakan sensasi berenang. Setiap praktik pada mata pelajaran penjas, anak-anak selalu diajak untuk melakukannya disini.

Hanya sekarang banyak rumput liar tumbuh di dalamnya jadi  momen itu tidak lagi terasa. Diharapkan juga agar suatu hari nanti Danau Sano Ndoeng menjadi salah satu tempat di Manggarai Barat yang siap untuk di perindah dengan pembangunan yang diprogramkan oleh pemerintah.

Bagi pecinta alam yang sudah berada di Wontong Kecamatan Macang Pacar, jangan lupa untuk mampir di Danau Sano Ndoeng. Mari memotret dari sisi kesisi danau, dan percayalah tempat ini akan selalu menawarkan keindahan yang tidak kamu dapatkan ditempat lainnya.

Ada juga Bukit Empo Sanga yang begitu megah dan wajib anda kunjungi. Kita bisa lakukan tracking untuk melihat wajah wilyah sekitar dari atas bukit. Mata kita juga akan disuguhi pesona wilayah yang menawan.    

Komentar